Apakah Ada Tuntunannya Memakai Jilbab Besar & Memakai Kaos Kaki Bagi Wanita Tanya Jawab

forummajlisilmu.net - Sahabat FMI dimanapun anda berada, kali ini ada pertanyaan yang bagus mengenai aurat wanita.masih banyak akhwat yang belom paham akan perintah Allah untuk menutup auratnya. bahkan masih malu untuk berhijab dan menutup aurat karna tidak PD atau malu dilihat orang karna dikira sok alim, mari kita simak pertanyaanya.

AURAT WANITA APAKAH ADA TUNTUNANNYA MENAKAI JILBAB BESAR DAN MEMAKAI KAOS KAKI

Assalaamu'alaikum
mau tanya, wanita memakai kaos kaki, apa ada tuntunannya?

Wa'alaikumus salam wr wb...
Mari kta simak berikut ini penggalan surat yang berisi perintah memakai Hijab Syar'i bagi wanita yaitu : menjulurkan jilbabnya hingga menutupi dadanya.

Allah SWT berfirman:

وَقُل لِّلْمُؤْمِنٰتِ يَغْضُضْنَ مِنْ أَبْصٰرِهِنَّ وَيَحْفَظْنَ فُرُوجَهُنَّ وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا مَا ظَهَرَ مِنْهَا  ۖ  وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلٰى جُيُوبِهِنَّ  ۖ  وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا لِبُعُولَتِهِنَّ أَوْ ءَابَآئِهِنَّ أَوْ ءَابَآءِ بُعُولَتِهِنَّ أَوْ أَبْنَآئِهِنَّ أَوْ أَبْنَآءِ بُعُولَتِهِنَّ أَوْ إِخْوٰنِهِنَّ أَوْ بَنِىٓ إِخْوٰنِهِنَّ أَوْ بَنِىٓ أَخَوٰتِهِنَّ أَوْ نِسَآئِهِنَّ أَوْ مَا مَلَكَتْ أَيْمٰنُهُنَّ أَوِ التّٰبِعِينَ غَيْرِ أُولِى الْإِرْبَةِ مِنَ الرِّجَالِ أَوِ الطِّفْلِ الَّذِينَ لَمْ يَظْهَرُوا عَلٰى عَوْرٰتِ النِّسَآءِ  ۖ  وَلَا يَضْرِبْنَ بِأَرْجُلِهِنَّ لِيُعْلَمَ مَا يُخْفِينَ مِنْ زِينَتِهِنَّ  ۚ  وَتُوبُوٓا إِلَى اللَّهِ جَمِيعًا أَيُّهَ الْمُؤْمِنُونَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

"Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama Islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan), atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka mengentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung."(QS. An-Nur 24: Ayat 31)

Ayat diatas sudah jelas bahwa perhiasan wanita wajib di tutupi. sedangkan yang dimaksud perhiasan wanita itu apa?
ada 2 yaitu
1. Perhiasan Dzahir
Yaitu Perhiasan yang nampak seperti : Kalung Emas dan Perhiasan lainnya
2. Perhiasan Batin 
Bisa diartikan sebagai Aurat ( Wanita)

dalam hadits disebutkan bahwa "Dunia adalah perhiasan dan sebaik - baik perhiasan adalah wanta salehah" (H.R Muslim) anda ingin disebut wanita salehah makanya pakailah jilbab anda .

Dalam (QS. Al-Ahzab 33: Ayat 59) dijelaskan perintah menjulurkan aurat ke seluruh tubuh nya kecuali muka dan tangan. maksudnya menjulurkan keseluruh tubuh ini brarti memakai jilbab yang besar menutupi dada hal tersebut agar mereka tidak diganggu oleh para lelaki yang bukan mahramnya. sebagaimana dalam ayat dibawah ini.

يٰٓأَيُّهَا النَّبِىُّ قُل لِّأَزْوٰجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَآءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلٰبِيبِهِنَّ  ۚ  ذٰلِكَ أَدْنٰىٓ أَنْ يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ  ۗ  وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَّحِيمًا

"Wahai Nabi! Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang mukmin, Hendaklah mereka menutupkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu agar mereka lebih mudah untuk dikenali, sehingga mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang."
(QS. Al-Ahzab 33: Ayat 59)

kemudian Dalam sebuah hadits nabi menerangkan perintah memakai pakain yang tebal tidak transparan bagi wanita yang sudah baligh agar aurat tidak tampak. dan jua perintah menutup kaki juga kecuali tangan dan muka. jadi ini hadits sangat jelas sekali  bahwa nabi sangat amat memperhatikan perintah menutup aurat ini. 

Diriwayatkan dari ‘Aisyah radhiallahu‘anha, beliau berkata,

أَنَّ أَسْمَاءَ بِنْتَ أَبِي بَكْرٍ دَخَلَتْ عَلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَعَلَيْهَا ثِيَابٌ رِقَاقٌ فَأَعْرَضَ عَنْهَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَقَالَ يَا أَسْمَاءُ إِنَّ الْمَرْأَةَ إِذَا بَلَغَتِ الْمَحِيضَ لَمْ تَصْلُحْ أَنْ يُرَى مِنْهَا إِلَّا هَذَا وَهَذَا وَأَشَارَ إِلَى وَجْهِهِ وَكَفَّيْهِ

Asma’ binti Abu Bakar pernah menemui Rasulullah shallallahu‘alaihi wasallam dengan memakai pakaian yang tipis. Maka Rasulullah shallallahu‘alaihi wasallam pun berpaling darinya dan bersabda, “wahai Asma’, sesungguhnya seorang wanita itu jika sudah haidh (sudah baligh), tidak boleh terlihat dari dirinya kecuali ini dan ini”, beliau menunjuk wajahnya dan kedua telapak tangannya. (HR. Abu Daud 4140, dalam Al Irwa [6/203] Al Albani berkata: “hasan dengan keseluruhan jalannya”)

Hadits diatas sudah sangat jelas sekali bahwa rosululloh memerintahkan kepada wanita yang sudah baligh( Dewasa/ Sudah Meanstruasi) wajib memakai hijab dan menutup auratnya seluruh tubuh kecuali muka dan tangan . itu artinya bahwa kaki itu wajib di tutupi. boleh menggunakan kaos kaki yang sudah ita punya ini. jadi intinya sudah sangat jelas bahwa hukum memakai kaos kaki itu wajib. bagi wanita. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Apakah Ada Tuntunannya Memakai Jilbab Besar & Memakai Kaos Kaki Bagi Wanita Tanya Jawab "

Posting Komentar

Jika Artikel Ini Bermanfaat Silahkan Dibagikan Kepada Teman Teman Agar Pahala Anda Mengalir Sebagai Sedekah .

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel