Sifat Sholat Nabi 3 - Sholat Bagi Orang Sakit

 SIFAT SHOLAT NABI Bag.3 -Sholat Bagi Orang Yang Sakit 

forummajlisilmu.web.id- kita tahu bahwa hukum sholat 5 waktu adalah wajib'ain yaitu wajib yang tidak bisa ditinggalkan, jika ditinggalkan maka akan berdosa. namun demikian ada keringanan khusus bagi orang yang sakit. orang sakit disini yang bagaimana? yaitu orang yang berat sholatnya dengan berdiri maka diperbolehkan dengan cara duduk. namun jika duduk tidak mampu maka diperbolehkan dengan berbaring dan seterusnya. maka dari itulah sholat 5 waktu sangatlah wajib dan tidak boleh ditinggalkan. 

Keringanan Sholat Bagi Orang Yang Sakit

Imran bin Husain Radhiallahu'anhu berkata :
Saya sedang sakit bawasir(ambeyen), lalu saya bertanya kepada Rasulullah(Tentang shalat). Maka beliau bersabda ;
"Shalatlah sambil berdiri, jika tidak mampu maka (shalatlah) dengan duduk, dan juga tidak mampu maka (shalatlah) dengan berbaringlah"
(HR. Al-Bukhari, Abu daud, & Ahmad)

hadits diatas sudah sangat jelas akan pentingnya sholat. dan sholat dilarang ditinggalkan. walau dalam keadaan apapun. di saudy arabia sana jika ada adzan berkumandang maka toko toko pada tutup dan bersegara menuju masjid. karna pada zaman nabi dahulu umat yang ketika di seru adzan tidak datang maka akan dibakar rumahnya. itu menunjukkan akan pentingnya sholat wajib. 

Keutamaan Sholat dengan berdiri

Beliau juga bersabda ;
"Siapa yang shalat sambil berdiri, maka itu lebih baik. Siapa yang shalat sambil duduk, baginya separuh pahala shalat sambil berdiri. Dan siapa yang shalat sambil tidur/berbaring, maka baginya separuh pahala shalat sambil duduk."
(HR. Al-Bukhari)

subhanallah itulah besarnya pahala ketika sholat dengan berdiri pahalanya penuh. sedangkan dengan duduk hanya mendapat pahala separuh dari sholat yang dengan berdiri. 

Nabi pernah menjenguk orang sakit, dan orang tersebut shalat diatas bantal, lalu beliau menyingkirkan bantal itu, kemudian orang itu mengambil kayu untuk shalat diatasnya, namun beliau ambil dan membuangnya. Kemudian bersabda ;

صل على الأرض إن استطعت...الى أخره.

"Shalatlah diatas tanah jika engkau mampu, jika tidak. Gunakanlah isyarat, dan jadikan sujud lebih rendah dari ruku'mu."

📚 (Diringkas dari kitab "Sifat Shalat Nabi" Syaikh Muhammad Nasiruddin Al-Albani)

📝 Tambahan Faidah

  • Kemudahan syariat Islam. Memberikan keringan bagi umatnya sesuai kemampuan mereka dari sesuatu yang diwajibkan.
  • Penekanan akan pentingnya shalat fardhu, sehingga orang yang sakitpun diharuskan untuk mengerjakan'nya, maka orang yang sehat lebih pantas lagi untuk tidak meninggalkan'nya.
  • Tingkat pahala seorang hamba disisi Allah sesuai dengan tingkat amalan yang dia kerjakan, tentunya dengan niat yang iklas.


Wallahu a'lam bishowab wa barokallahufiykum

📝 Al Akh Abu Zubair Hafizhahullah

 °•°•°•°•°

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sifat Sholat Nabi 3 - Sholat Bagi Orang Sakit"

Posting Komentar

Jika Artikel Ini Bermanfaat Silahkan Dibagikan Kepada Teman Teman Agar Pahala Anda Mengalir Sebagai Sedekah .

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel