Apa Hukum menghalang-halangi dakwah dijalan Allah - Tanya Jawab Forum Majlis ilmu

Forummajlisilmu.web.id - untuk kali ini kita akan membagikan kepada antum semuanya mengenai hukum menghalang-halangi dakwah dijalan Allah.

Ustadz Tolong d share ,,,Ayat atau hadits Tentang Orang yg melarang  berdakwah dan apa hukumannya?
jawab :
Ikhwan Waakhwati Fillah tentunya bnyak sekali orang yang benci dengan adanya Pengajian yang berdasarkan Al-qur'an dan sunnah. bahkan ada juga yang mengusir orang yang sedang ngaji. apakah mereka tidak Mendengar firman Allah sebagi berikut ini.

Orang Yang Mengahalang-halangi Mengaji disebut Zalim


Allah SWT berfirman:
وَمَنْ اَظْلَمُ مِمَّنْ مَّنَعَ مَسٰجِدَ اللّٰهِ اَنْ يُّذْكَرَ فِيْهَا اسْمُهٗ وَسَعٰـى فِيْ خَرَابِهَا  ۗ  اُولٰٓئِكَ مَا كَانَ لَهُمْ اَنْ يَّدْخُلُوْهَآ اِلَّا خَآئِفِيْنَ  ۗ  لَهُمْ فِى الدُّنْيَا خِزْيٌ وَّلَهُمْ فِى الْاٰخِرَةِ عَذَابٌ عَظِيْمٌ
"Dan siapakah yang lebih zalim daripada orang yang melarang di dalam masjid-masjid Allah untuk menyebut nama-Nya dan berusaha merobohkannya? Mereka itu tidak pantas memasukinya kecuali dengan rasa takut (kepada Allah). Mereka mendapat kehinaan di dunia dan di akhirat mendapat azab yang berat."
(QS. Al-Baqarah 2: Ayat 114)
pada ayat diatas jelas bahwa orang yang Zalim adalah orang yang melarang melakukan kajian Agama di masjid. bahkan mereka berusaha untuk merobohkan masjid dengan kata lain mematikan kemakmurannya.

Hukuman Bagi Orang Yang Menghalangi Dakwah

Dalam QS. Hud:18-22 yang artinya:
“Ingatlah, kutukan Allah (ditimpakan) atas orang-orang zalim, (yaitu) orang-orang yang menghalangi (manusia) dari jalan Allah dan menghendaki (supaya) jalan itu bengkok. Mereka itulah orang-orang yang tidak meyakini adanya hari akhirat. Mereka itu tidak mampu menghalang-halangi Allah untuk (mengazab mereka) di bumi ini. Sekali-kali tidak ada bagi mereka penolong selain Allah SWT. Siksaan itu dilipatgandakan atas mereka”.
Dalam ayat diatas jelas bahwa orang yang menghalangi dari jalan Allah disebut orang zalim selain itu mereka juga akan mendapatkan siksa / azab diakherat yang berlipat ganda. mereka tidak akan mendapat pertolongan.
Dalam Ayat Lain Allah SWT berfirman dalam (QS. Al-An'am 6: Ayat 26)

وَهُمْ يَنْهَوْنَ عَنْهُ  وَيَنْـئَوْنَ عَنْهُ ۚ  وَاِنْ يُّهْلِكُوْنَ اِلَّاۤ اَنْفُسَهُمْ وَمَا يَشْعُرُوْنَ

"Dan mereka melarang (orang lain) mendengarkan (Al-Qur'an) dan mereka sendiri menjauhkan diri daripadanya, dan mereka hanyalah membinasakan diri mereka sendiri, sedang mereka tidak menyadari."

Orang Kafir Selalu Menghalang Halangimu dari jalan Allah.


إِنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا وَصَدُّوا عَنْ سَبِيلِ اللَّهِ قَدْ ضَلُّوا ضَلَالًا بَعِيدًا


Sesungguhnya orang-orang yang kafir dan menghalang-halangi (manusia) dari jalan Allah, benar-benar telah sesat sejauh-jauhnya.
kafir disini adalah orang yang membangkang dari jalan Allah. Nabi muhammad sudah diutus sebagai rosul Allah membawa Alqur'an, akan tetapi mereka tidak percaya ajarannya dan memusuhi nabi muhammad akan dakwahnya begitulah kiranya pengertian kafir. bahkan untuk saat ini masih ada aja juga sama dengan kondisi jaman dahulu. ada orang ngaji dihalang halangi.

Menghalang- halangi orang yang berjuang dijalan Allah termasuk Munafiq


وَلَا تَكُونُوا كَالَّذِينَ خَرَجُوا مِنْ دِيَارِهِمْ بَطَرًا وَرِئَاءَ النَّاسِ وَيَصُدُّونَ عَنْ سَبِيلِ اللَّهِ ۚ وَاللَّهُ بِمَا يَعْمَلُونَ مُحِيطٌ


Dan janganlah kamu menjadi seperti orang-orang yang keluar dari kampungnya dengan rasa angkuh dan dengan maksud riya' kepada manusia serta menghalangi (orang) dari jalan Allah. Dan (ilmu) Allah meliputi apa yang mereka kerjakan.

وَإِذَا قِيلَ لَهُمْ تَعَالَوْا إِلَىٰ مَا أَنْزَلَ اللَّهُ وَإِلَى الرَّسُولِ رَأَيْتَ الْمُنَافِقِينَ يَصُدُّونَ عَنْكَ صُدُودًا

Apabila dikatakan kepada mereka, “Marilah kamu (tunduk) kepada hukum yang Allah telah turunkan dan kepada hukum Rasul”, niscaya kamu lihat orang-orang munafik menghalangi (manusia) dengan sekuat-kuatnya dari (mendekati) kamu. (QS. An Nisa’
Ayat Diatas jelas orang munafiq selalu membangkang dan selalu menghalang halangi dari jalan Allah dengan sekuat tenaga mereka.

Tempat Oarang kafir dan Munafiq adalah dineraka

Hai Nabi, berjihadlah (melawan) orang-orang kafir dan orang-orang munafik itu, dan bersikap keraslah terhadap mereka. Tempat mereka ialah Neraka Jahanam. Dan itulah tempat kembali yang seburuk-buruknya. (QS. At Taubah 9 : 73)


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Apa Hukum menghalang-halangi dakwah dijalan Allah - Tanya Jawab Forum Majlis ilmu"

Posting Komentar

Jika Artikel Ini Bermanfaat Silahkan Dibagikan Kepada Teman Teman Agar Pahala Anda Mengalir Sebagai Sedekah .

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel