Sifat Sholat Nabi 4 - Berdiri dan Duduk Ketika Sholat Malam

Forummajlisilmu - Saudara kaum muslimin dimanapun anda berada, kali ini kita sudah memasuki Segmen yang ke 4 yaitu Sifat Sholat Nabi Yang Ke - 4. dalam pembahasan kali ini kita akan menyajikan kepada antum semuanya mengenai bagaimana sholat malam nabi apakah dengan berdiri/ duduk kita sama-sama perhatikan yuk.

Rasulullah Pernah Sholat Dengan Duduk

✅ Adalah Rasulallah Sholallahu 'alaihi 'wassalam ;

كان يصلي ليلا طويلا قائيما، وليلا طويلا قاعدا. و كان إذا قرأ قائما ركع قائما، و إذا قرأ قاعدا ركع قاعدا.

"Beliau didalam sholat malam yang panjang dalam keadaan berdiri, dan juga dalam keadaan duduk. Jika beliau membaca sambil berdiri, ruku beliau juga sambil berdiri, dan jika beliau membaca sambil duduk, rukuk'nya juga sambil duduk".
(HR. Muslim & Abu Daud).

hadits diatas menunjukkan bahwa Rasulullah pernah melaksanakan sholat malam dengan berdiri dan juga duduk. hal itu diperbolehkan karena kemungkinan kepayahan dan tidak sanggup berdiri lama. bnyak di Masjid Nabawi maupun Masjidil Haram kita temukan kursi - kursi hitam lipat. kursi tersebut diperuntukkan jamaah yang tidak bisa sholat dengan berdiri ataupun sakit berat sehingga tidak bisa sujud atau berdiri dengan sempurna. maka kurse tersebut di peruntukkan untuk mereka. namun bnyak juga yang mereka mampu berjalan namun mereka suka menggunakan kursi itu untuk sholat, WallahuA'lam....

Dan juga hadits lain menyatakan
كان أحيانا يصلي جالسا فيقرأ و هو جالسا...الى اخره.

"Juga beliau kadang-kadang shalat sambil duduk dan membaca sambil duduk. Dan jika tersisa dari bacaan'nya sekitar tiga atau empat puluh ayat, beliau berdiri lalu membacanya dalam keadaan berdiri kemudian ruku, dan sujud. Beliau lakukan yang demikian, juga pada raka'at yang kedua".
(HR. Al-Bukhari & Muslim)

Nabi Muhammad Sholat Dengan Duduk Di Saat Tua

Perlu anda ketahui bahwasanya nabi muhammad ketika sudah tua dan menjelang kewafatanya beliau sholat dengan duduk. karna tidak memungkinakan sholat dengan berdiri mungkin karna kepayahan. simak berikut Haditsnya : 

صلى السبحة قاعدا في آخر حياته لما أسن و ذلك قبل و فاته بعام

"Beliau shalat sunnah dalam keadan duduk akhir kehidupan'nya ketika usianya telah tua. Dan hal ini dilakuakan setahun sebelum beliau meninggal".
(HR. Muslim & Ahmad)

Rasulullah Pernah Sholat Dengan Duduk bersila

Berikut ini hadits yang menyatakan Rasulullah pernah sholat dengan duduk bersila.
كان يجلس متربعا

"Beliau duduk sambil bersila"
(HR. An-Nasai dan selain'nya)

📚 (Diringkas dari kitab "Sifat Shalat Nabi" Syaikh Muhammad Nasiruddin Al-albani)

✏ Tambahan Faidah :

1. Keringanan ketika sholat malam membaca ayat-ayat yang panjang. Boleh shalat sambil duduk jika diinginkan disebabkan kurang kuat untuk berdiri, kemudian bangkit kembali setelah merasa kuat untuk berdiri

2. Keutamaan memanjangkan bacaan sholat ketika sholat malam, karena Rasulallah shalat memanjangkan bacaannya dan duduk ketika lemah dari berdiri

3. Melakukan suatu hal kebaikan yang tidak memudhoratkan bagi diri kita. Karena Rasulullah diakhir umurnya tetap melakukan kebaikan shalat malam sambil duduk, karena menjaga kondisi beliau yang telah berumur.

4. Tata cara sholat dalam keadaan duduk yaitu dengan duduk bersila.

Wallahu a'lam bishowab wa barokallahufiykum
Demikian yan dapat kami sampaikan semoga bermanfaat kita lanjutkan di Sifat Sholat Nabi Bagian 5.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sifat Sholat Nabi 4 - Berdiri dan Duduk Ketika Sholat Malam"

Posting Komentar

Jika Artikel Ini Bermanfaat Silahkan Dibagikan Kepada Teman Teman Agar Pahala Anda Mengalir Sebagai Sedekah .

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel